Selamat Datang di Website Resmi Desa Sampalan Klod. , Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah DesaSampalan Klod untuk seluruh masyarakat.

Artikel

MAKANAN KAYA PROTEIN HEWANI BISAA CEGAH STUNTING

29 Januari 2023 14:49:24  NI KOMANG ARIANI  94 Kali Dibaca  Berita Desa

Makanan bergizi seimbang yang kaya dengan protein hewani sangat penting untuk membantu mencegah dan mengatasi stunting.
Masyarakat perlu mengubah pola kebiasaan makan yang kurang tepat. dan membudayakan pola makan dengan gizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing 

masyarakat harus memperhatikan kandungan makronutrien, seperti karbohidrat, protein dan lemak, juga mikronutrien, seperti vitamin dan mineral serta air.

Dengan membudayakan pola makan bergizi seimbang maka akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan menjaga imunitas.

Beberapa makanan yang mengandung protein hewani adalah sebagai berikut.

1. Daging ayam

Daging ayam memiliki kandungan protein hewani yang sangat tinggi. Hal ini sangat penting untuk tumbuh kembang bayi dan anak-anak. Untuk 100 gram daging ayam terdapat 31 gram protein hewani. Di dalam daging ayam juga terkandung antioksidan dan berbagai nutrisi lainnya seperti zat besi, selenium, magnesium, vitamin B6, fosfor, dan berbagai macam vitamin lainnya.

2. Telur

Di dalam telur terdapat banyak protein hewani. Bahkan, dibandingkan berbagai sumber hewan protein hewani lainnya, telur ini termasuk lebih lengkap. Kadar protein hewani paling tinggi ada di dalam bagian putih telurnya. Selain protein, di dalam telur juga memiliki nutrisi lainnya seperti asam lemak omega 3, vitamin, mineral, dan juga antioksidan.

3. Daging merah

Daging merah atau jenis daging sapi tanpa lemak termasuk salah satu sumber protein hewani yang cukup banyak. Untuk daging sapi sebanyak 85 gram, kadar proteinnya bisa mencapai 25 gram. Di dalam daging merah tanpa lemak ini juga terkandung beberapa nutrisi lainnya seperti B3, B6, B12, zinc, dan juga zat besi.

4. Yoghurt

Pada dasarnya, olahan susu fermentasi ini juga mengandung protein hewani. Untuk mendapatkan kandungan protein hewani yang banyak, pilihlah jenis yoghurt yang telah melalui proses penyaringan sehingga dapat memberikan tekstur kental. Di dalam 100 gram yoghurt terdapat 10 gram protein. Selain itu, masih ada kandungan lainnya seperti vitamin B, kalsium, asam laktat, zinc, dan juga probiotik.

5. Keju

Olahan susu lainnya yang mengandung protein hewani adalah keju. Di dalam keju juga terdapat banyak nutrisi lainnya seperti vitamin A, B2, B12, magnesium, kalsium, fosfor, dan zinc. Untuk jumlah proteinnya sendiri, ada di kisaran 25 gram pada setiap 100 gram keju.

6. Susu sapi

Nah, setelah sebelumnya membahas produk olahan susu, kini kita masuk ke sumber utamanya, yakni susu itu sendiri. Di dalam susu sapi sudah banyak nutrisi yang terbilang lengkap. Contohnya asam amino esensial, minyak ikan, omega 3, omega 6, zat besi, zinc, protein, kalsium, magnesium, vitamin D3, bahkan hingga mineral. Maka dari itu, susu sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pengaduan Online

 Peta Desa

 Statistik

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

 Aparatur Desa